P-ISSN : 2716-3571
E-ISSN : 2809-6967

DIKDASTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KE-SD-AN

Cyber Konseling Sebagai Layanan Konseling di Sekolah Era Pandemi Covid-19

Endah Rahmawati

Abstract

    

Keywords :

Abstrak

Konseling adalah bantuan yang diberikan oleh konselor kepada konseli melalui wawancara agar
konseli dapat memahami diri dan lingkungannya sehingga berada pada kondisi kehidupan yang
lebih efektif. Pada masa pandemic covid-19, pemerintah memberikan kebijakan terkait kegiatan
pembelajaran yaitu pembelajaran secara daring atau online di rumah. Kegiatan layanan bimbingan
dan konseling di sekolah juga dilakukan secara daring atau online terkait dengan kebijakan
tersebut. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling melalui daring dengan menggunakan
media disebut juga dengan cyber counseling. Cyber counseling dapat menjadi alternatif pemberian
layanan bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan teknologi. 

Keywords : cyber konseling, pandemic covid-19
Full Text
PDF
References

Amani, Nasanin. Investigating The Nature, The Prevalence, And Effectiveness Of Online  
Counseling, A Thesis, Department of Educational Psychology, Administration and Counseling,
(California State university Long Beach, 2007) 
Arifah P, Pengembangan Model Cyber Counseling Berbantuan Facebook Untuk Meningkatkan  
Efektivitas Layanan Informasi Karier Di Sma Negeri 1 Semarang. Prosiding Seminar Nasional
Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi Semarang, 21 Juli
2018, hal. 23. 
Pasmawati, H. Cyber Counseling Sebagai Metode Pengembangan Layanan Konseling Di Era  
Global. Jurnal Syi’ar. Vol. 16 No. 1. 2016, hal. 46
Prayitno dan Erman A. 2004 Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Renika Cipta
Jerizal P & Hanung S. Kajian Konseptual Layanan Cybercounseling. Jurnal Konselor. Vol. 6. 
No. 1. 2017, hal. 7 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan
Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. Diperoleh
dari: https://www.kemendikbud.go.id, diunduh tanggal 15 November 2021. 
Mokhamad Iklil Mustofa, M., etl. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai
Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Jurnal Informasi
Teknologi. (Vol 1 no 2 2019), 151 – 160. 
Walgito, B. (1989). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset. 
Winkel, W. S. (2005). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: Media 
Abadi.