P-ISSN : 2716-3571
E-ISSN : 2809-6967

DIKDASTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KE-SD-AN

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG BAGI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Agustina Dian Widiastuti

Abstract

    

Keywords :

Abstrak

Penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang bagi siswa melalui media
gambar seri di Sekolah Dasar, cara penulisan karangan yang baik sesuai pembelajaran Bahasa
Indonesia, dan cara mengatasi semua kesulitan dalam menulis karangan bagi siswa. Jenis
penulisan ini adalah penelitian kepustakaan yang menggunakan penulisan dengan metode studi
literatur dengan langkah-langkah heuristik, klasifikasi sumber, kritik, interpretasi, dan historigrafi.
Penulisan ini dilakukan berdasarkan prosedur penelitian kepustakaan artinya peneliti dalam
melakukan penelitian menggunakan sumber-sumber berupa buku yang berisi tentang mengarang
dan pendukungnya dalam penelitian ini mendeskripsikan tentang permasalahan dalam membuat
karangan di sekolah dasar terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam mengarang
banyak sekali kesulitan yang dihadapi baik oleh guru maupun siswanya itu sendiri. Dalam
penulisan ini menyuguhkan tentang bagaimana cara untuk mengatasi semua kesulitan yang
dihadapi oleh guru dan siswa. Mengenalkan tehnik mengarang yang efektif sebagai bahan dasar
mengarang. Selain itu terdapat media yang berfungsi untuk membantu agar penulisan karangan
berjalan semakin mudah dan urut. Maka media yang digunakan sebagai pendukung yaitu berupa
media gambar seri. Penggunaan media gambar seri ini diharapkan agar penulisan karangan dapat
berjalan dengan lancar. Setelah dilakukan berbagai langkah, maka sebaiknya anak dan guru saling
bekerjasama. Guru memberi penjelasan tentang media gambar seri dan siswa belajar untuk
menulis dengan bantuan media gambar seri. Menurut studi pustaka cara tersebut dapat
meningkatkatkan menulis karangan menjadi lebih efektif. 

Keywords : Kemampuan Mengarang, Media Gambar Seri, dan Sekolah Dasar
Full Text
PDF
References

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Akhadiah. 2001. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Aris Budi Nugroho. 2011. Peningkatan Kemampuan Mengarang dengan Pendekatan 
Kontekstual bagi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Universitas
Sanata Darma 
Arswendo Atmowiloto. 2004. Mengarang Itu Gampang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Asri Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dendy Sugono. 2011. Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Kementrian Pendidikan 
dan Kebudayaan
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kaidah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: 
Balai Pustaka
Djuanda. 2007. Kesulitan Siswa dalam Mengaranng. Bandung: Balai Pustaka
Gorys Keraf. 2004. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Hartati. 2007. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia. Solo: Budi Mulia.
Hastuti. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hidayat. 2004. Kemampuan Belajar. Solo. Swarna Bumi.
Jungai Sumarlin. 2019. Peningkatan Ketrampilan Mengarang Melalui Media Gambar Seri. 
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol 8
Nur Budi Utama. 2014. Cara Praktis Menulis Buku. Yogyakarta: IKAPI
Piaget. 2007. Perkembangan Bahasa Anak (buku John W. Santrock). Jakarta: Media Graha
Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Sardiman. A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Radja Grafindo 
Persada.
Siswanto. 2014. Belajar dan Faktor- Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soeparno. 2008. Media Penggajaran Bahasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R n D. 
Edisi IV. Bandung: Alfabeta
Sukiman. 2012. Prinsip Pemilihan Media. Jakarta: Cipta Karya.
Tarigan Henry Guntur. 2009. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
The Liang Gie. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi
Wahyudi Siswanto. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Malang: Aditama.