P-ISSN : 2716-3571
E-ISSN : 2809-6967

DIKDASTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KE-SD-AN

MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH DASAR

Afiyah; Yohanes B. Jurahman; Wahyu Murti Utami

Abstract

    

Keywords :

Abstrak

Tujuan penulisan ini membahas tentang model Cooperative Learning tipe Team Games
Tournament, penerapan model Cooperative Learning tipe Team Games Tournament pada mata
pelajaran IPS, hasil belajar IPS menggunakan model Team Games Tournament. Metode penulisan
ini menggunakan studi kepustakaan atau library research dengan langkah-langkah yaitu: (1)
pemilihan topik (2) pengumpulan sumber data yang relevan (3) pertegas fokus penulisan (4)
menganalisis segala temuan dari berbagai bacaan, menginterpretasikan atau menganalisis datadata
dari
berbagai
bacaan
tersebut
(5)
penyusunan

laporan. Sumber data utama dalam penulisan
ini meliputi: 5 buku tentang cooperative learning tipe team games tournament, 1 buku tentang hasil
belajar, 1 buku tentang pembelajaran IPS, serta 4 skripsi dan 7 jurnal membahas tentang
cooperative learning tipe team games tournament, dan hasil belajar IPS peserta didik.
Pembelajaran kooperatif mengajarkan peserta didik untuk saling bekerja sama guna mencapai
tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif khususnya tipe team games tournament
(TGT) peserta didik diajak untuk bermain dan belajar mewakili setiap kelompoknya dalam satu
kelompok homogen dengan sebuah pertandingan yang berisi kuis pertanyaan. Dengan adanya
permainan akademik dapat menimbulkan rasa tanggung jawab dan meningkatkan motivasi peserta
didik sehingga nantinya dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar yang diperoleh
peserta didik kelas V khususnya materi peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan
Indonesia mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu prasiklus ke siklus I, siklus I ke siklus
II, dan siklus II ke siklus III sebesar 15% sampai dengan 50% sesuai dengan indikator
keberhasilan. Hal ini dapat terjadi karena di dalam model tersebut peserta didik diajak belajar tetapi
sambil bermain, sehingga pembelajaran terasa lebih bermakna, dan motivasi belajar peserta didik
pun meningkat.

Keywords : Cooperative Learning, Team Games Tournament, Hasil Belajar IPS
Full Text
PDF
References

Ahmad Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: 
Prenadamadia Group.
Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Jakarta: 
Ghalia Indonesia. 
Jamal Ma’mur. (2016). Tips Efectif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva Press.
Listiyani, Muh.Chamdani, & Ratna Hidayah. (2020). Penerapan Model TGT berbantuan 
Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan
pada Peserta Didik Kelas V SDN Bumirejo Tahun 2019/2020. Jurnal Ilmiah
Kependidikan. Volume 8, Nomor 3, 463-469. Diakses dari http://jurnal.uns.ac.id
pada 2 September 2020, jam 14.00 
Muhammad Fathurrohman. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz
Media. 
Ni Kadek Ayu Sintya Dewi, Made Sulastri, & Dewa Nyoman Sudana. (2016). Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Mice Target Board
untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA. Volume 4
Nomor 1, 1-11. Diakses dari http://ejurnal.undiksha.ac.id pada tanggal 11
September 2020 jam 13.49 
Nurul Hidayah Dewi (2011). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Peserta Didik Kelas V SDN 07
Ngringo, Jaten, Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Diakses dari
http://digilib.uns.ac.id pada tanggal 5 September 2020, jam 14.21 
Rabiatul Khairiah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN
Medan Maimun T.A. 2017/2018. Skripsi. Diakses dari http://repository.unisu.ac.id
pada tanggal 2 September 2020, jam 20.45 
Syahraini Tambak. (2017). Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam. Jurnal Hikmah. Volume 14 Nomor 1, 1-17. Diakses dari
http://core.ac.uk pada tanggal 23 September 2020 jam 17.59 
Tri Astutik. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games
Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. 
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 2, 1-11. Diakses dari
http://jurnalmahasiswaunesa.ac.id pada tanggal 11 September 2020, jam 15.24