P-ISSN : 2716-3571
E-ISSN : 2809-6967

DIKDASTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KE-SD-AN

URGENSI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH DASAR

Dwi Indarwati; Faridl Musyadad; Wahyu Murti Utami

Abstract

    

Keywords :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi media pembelajaran audio visual pada hasil
belajar IPA di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode kepustakaan atau library 
research dengan langkah-langkah yaitu: (1) pemilihan topik (2) pengumpulan sumber data (3)
menganalisis segala temuan dari berbagai bacaan (4) menginterprestasikan atau menganalisis
data dari berbagai bacaan (5) penyusunan laporan. Adapun sumber da ta dalam penelitian ini 
adalah berupa buku, jurnal, skripsi tentang pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, media 
pembelajaran, perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar, dan media pembelajaran audio 
visual pada hasil belajar IPA di Sekolah Dasar. Media pembelajaran audio visual merupakan
seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak dan bersuara yang dapat
membentuk karakter sama dengan objek aslinya. Urgensi penggunaan media audio visual di 
sekolah dasar yakni dapat menayangkan materi pelajaran secara nyata sehingga sangat baik untuk
menambah pengalaman belajar bagi peserta didik. Hal ini sangat sesuai dengan karakteristik anak
usia sekolah dasar pola pikir konkret. Keunggulannya apabila ada peserta didik yang tertinggal
akan materi maka video dapat diputar kembali sesuai dengan kebutuhan. Media audio visual ini 
juga dapat digunakan untuk pembelajaran dalam jaringan. Berdasarkan hasil analisis teori-teori dan
data pustaka yang dikumpulkan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 peneliti an dengan
menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dan hasil belajar IPA mengalami peningkatan setelah
menggunakan media pembelajaran audio visual. 5 jenis penelitian lainnya menggunakan jenis 
penelitian eksperimen dan hasil belajar IPA pada kelas eksperimen dengan adanya perlakuan yaitu
menggunakan media pembelajaran audio visual hasil belajar menjadi bertambah dibandingkan
kelas kontrol tanpa adanya perlakuan khusus. Oleh karena itu, penggunaan media audio visual
dapat berpengaruh baik dalam meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar.

Keywords : Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belajar IPA
Full Text
PDF
References

Agus, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses 
Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education Psychology and
Counseling. (Vol. 2, No. 1) 
Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka
Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pancaran. 
(Vol. 4, No.1)
Ari Hastuti dan Yudi Budianti. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap 
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargerbang II Kota
Bekasi. Pedagogik. (Vol. II, No.2) 
Azhar Arsyad. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dini Susanti dan Rika Apriani. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 
Dengan Tema Cita-Citaku Menggunakan Media Audio Visual Pada Kelas IV Min I
Kota Padang. Jurnal Kajian dan pengembangan Umat Fakultas Agama Islam. (Vol. 3,
No.2) 
Henry Aditia Rigianti. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di
Kabupaten Banjarnegara. Elementary School. (Vol.7, No.2) 
Hujair AH Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif –Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA
DIPANTARA 
Imam Nur Hakim. (2014). Pembelajaran Tematik Integratif Di SD/MI Dalam Kurikulum 2013. 
Insania. (Vol. 19, No.1)
Munadi, Yudhi. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: GP Press Group
Ricardus Jundu, Fransiskus Nendi, dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA 
Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid19.
Jurnal Pendidikan IPA. (Vol.2, No.2)

Sobron, Bayu, dkk. (2019). Pengaruh daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun
2019. ISBN: 978-602-99975-3-8  
Sobron, Bayu, dkk. (2019). Persepsi Siswa Dalam studi Pengaruh Daring Learning Terhadap
Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. (Vol. 1, No. 2) 
Tahan Suci Windasari dan Harlinda Sofyan. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio
Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan
Dasar. P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-580