P-ISSN : 2716-3571
E-ISSN : 2809-6967

DIKDASTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KE-SD-AN

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA DI SEKOLAH DASAR

Evi Panjanika; Mohammad Juramin; Geyol Sugiyanta

Abstract

    

Keywords :

Abstrak

Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Artikel ini merupakan studi kepustakaan atau library research dengan langkah-langkah yaitu: pemilihan topik, eksplorasi informasi, menentukan fokus penelitian, pengumpulan sumber data, persiapan penyajian data, penyusunan laporan. Sumber data dalam penelitian ini berupa buku-buku, skripsi, dan jurnal dari penelitian terdahulu. Hasil kajian dari beberapa sumber menyatakan bahwa model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu bahwasanya diperlukan kreativitas guru dalam mengembangkan proses belajar dan pembelajaran peserta didik dikelas. Berdasarkan hasil analisis dari teori-teori dan hasil penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar.

Keywords : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, IPA
Full Text
PDF
References

Akhmad Sudrajat. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model 
Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
M. Hosnan. (2006). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dan Pembelajaran Abad 21. 
Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan 
Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyanto. (2008). Model-Model Pembelajaran Koperatif. Surakarta: Depdikbud.
Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja 
Rosdakarya