P-ISSN : 2716-3571
E-ISSN : 2809-6967

DIKDASTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KE-SD-AN

IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Evita Ayu Astrya; Wagiman; Yuliatun

Abstract

    

Keywords :

Abstrak

Hasil belajar IPA di Sekolah Dasar rendah karena materi terlalu banyak, sulit dipahami, peserta
didik kurang aktif, selain itu model pembelajaran kurang bervariatif. Maka penulisan ini bertujuan
untuk mengetahui implementasi model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode penulisan ini
menggunakan Library Research dengan langkah-langkah: pemilihan topik; eksplorasi informasi,
menentukan fokus penulisan, pengumpulan sumber data, persiapan penyajian data dan
penyusunan laporan. Sumber data diperoleh melalui jurnal, penelitian terdahulu dan buku. Model
CTL adalah suatu konsep belajar yang dapat memotivasi dan membantu peserta didik untuk
mampu mengkaitkan antara materi yang dipelajari dengan kegiatan yang terjadi sekelilingnya.
Model CTL sebagai alternatif dalam proses pembelajaran di sekolah dapat membantu hasil belajar.
Hasil belajar adalah perubahan perilaku baik peningkatan pengetahuan, perbaikan sikap, maupun
peningkatan keterampilan yang dialami peserta didik setelah menyelesaikan kegiatan belajar.
Dengan model CTL dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam belajar salah satunya mata
pelajaran IPA. IPA adalah suatu kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematis, dan dalam
penggunaannya terbatas pada gejala-gejala alam. Berdasarkan hasil analisis penelitian terdahulu
diketahui bahwa implementasi model CTL terhadap hasil belajar peserta didik pada mata IPA di
Sekolah Dasar yaitu dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar.

Keywords : Implementasi CTL, Hasil Belajar, IPA
Full Text
PDF
References

Asih Wisudawati & Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi 
Aksara.
Cecilia Munzenmaier & Nancy Rubin. 2013. Perspectives Bloom’s Taxonomy:What’s Old Is 
New Again. Santa Rosa: The Learning Guild. 

Hanafiah & Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pemebelajaran. Bandung: PT Refika
Aditama. 
Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor:
Ghalia Indonesia. 
. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia. 
Idhil Maulana Ilham. 2016. Pengaruh penerapan pembelajaran Contextual Teaching and 
 
Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA murid kelas V SD Negeri Bontojai
Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. 
Jumanta Hamdayana. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Silabus kelas IV Sekolah Dasar SMT II
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam 
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Yuyun Mulyana. 2015. Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) untuk 
meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang materi sifat-sifat cahaya di kelas V
SDN Lembang Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.  
Atika Dwi Evitasari & Wiwin Setiyani. (2020). Model cooperative learning tipe jigsaw dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah
Dasar. Jurnal Taman Cendekia 04 (02), 483-491. Diperoleh dari
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/view/8672/3678.
Diunduh tanggal 19 Maret 2021. 
Dea Handini, Diah Gusrayani, & Regina Lichteria Panjaitan. (2016). Penerapan model 
Contextual Teaching and Learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada
materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah. 1 (1), 151-460. Diperoleh dari
https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2974. Diunduh tanggal 3
Maret 2020. 
Muhammad Hakiki, Menrisal, & Popi Radyuli. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran 
Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi
dan Komunikasi. 1 (2), 1-17. Diperoleh dari http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/62.
Diunduh
tanggal
19
Maret
2021.

Siti johariyah. (2009). Urgensi Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual dalam Mata
Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Al-Bidayah. 
1 (2), 199-211. Diperoleh dari https://media.neliti.com/media/publications/284629urgensi-pembelajaran-dengan-pendekatan-k-39e4baa1.pdf.

Diunduh tanggal 6 Maret 2020. 
Jeki Sepriady. (2018). Contextual Teaching Learning dalam pembelajaran sejarah. Jurnal
sejarah dan pembelajaran sejarah 2 (2), 100-110. Diperoleh dari 
https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Kalpa/article/view/1603. Diunduh
tanggal 20 Februari 2021.