P-ISSN : 2716-3571
E-ISSN : 2809-6967

DIKDASTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KE-SD-AN

PENGGUNAAN MODEL INQUIRY LEARNING DAN PENGARUHNYA PADA SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Wahyu Nurhidayah; Wagiman; Atika Dwi Evitasari

Abstract

    

Keywords :

Abstrak

Penelitian ini terdiri dari 3 variabel yaitu model inquiry learning (variabel bebas), dan sikap ilmiah
(variabel terikat) serta hasil belajar IPA (variabel terikat). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah model inquiry learning berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V. Metode penelitian ini menggunakan studi
kepustakaan atau library research dengan langkah-langkah yaitu: (1) pemilihan topik (2)
pengumpulan sumber data yang relevan (3) menganalisis segala temuan dari berbagai bacaan (4) 
menganalisis data-data dari berbagai bacaan tersebut (5) penyusunan laporan. Sumber data dalam 
penelitian ini berupa buku-buku, skripsi dan jurnal dari penelitian terhadulu. Model inquiry learning
adalah adalah model pembelajaran yang melibatkan seluruh kemampuan peserta didik secara
maksimal untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, dan analitis, sehingga
peserta didik dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Langkah dari
model inquiry learning antara lain (1) orientasi (2) merumuskan masalah (3) mengajukan hipotesis
(4) mengumpulkan data (5) menguji hipotesis (6) merumuskan kesimpulan. Sikap ilm iah adalah
perilaku seseorang yang muncul karena adanya rangsangan berupa sikap baik yang dilandasi oleh
pengalaman yang ada sehingga menjadikan seseorang tersebut lebih peka terhadap lingkungan.
Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku peserta didik baik dalam sikap maupun tingkah
lakunya setelah peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran IPA dan memperoleh pengalaman
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan model inquiry learning memberi
pengaruh positif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA
materi sifat-sifat cahaya. 

Keywords : inquiry learning, sikap ilmiah, hasil belajar IPA
Full Text
PDF
References

Ahmadi, A., & Supatmo. (2008). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saitifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. 
Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurniawati, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Kartu 
Bergambar Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Terpadu Materi Sistem
Peredaran Darah Siswa di SMP N 3 KENDAL. Skripsi. Tidak diterbitkan. Semarang:
Universitas Islam Negeri Walisongo. https://core.ac.uk/download/pdf/162195985.pdf 
Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya 
dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery.
Nurhidayaturrohman, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap 
Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Tesis. Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas
Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/26893/ 
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sulistyowati, D., Putri, S.U., Sumiati, T. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri 
Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. (Vol 11 No 1).
https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3784 
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT REMAJA
ROSDAKARYA. 
Tunisa, F.R., Kokasih., & Hamdu, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Latihan
Penelitian Terhadap Sikap Ilmiah Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. 4(2), 149-157.
https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7141 
Umroh, D., & Fauziah, A.N.M. (2018). Keefektifan Lembar Kerja Siswa IPA (Vol 06 No 02
Tahun 2018) SMP Berbasis Keterampilan Proses pada Materi Pengukuran. E-journalpensa,
128-132.

Wahyudi & S. Khanafiyah. (2009). Pemanfaatan KIT Optik Sebagai Wahana Dalam
Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Vol 5 Tahun
2009), 113-118.
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2c5&q=pemanfaatan+KIT+op
tik+sebagai+wahana+dalam+meningkatkan+sikap+ilmiah&btnG=#d=gs_qabs&u=
%23p#%3DgPCVBTH86nIJ 

Widani, N.K.T, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap
Hasil Belajar IPA Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa
Penida. Journal of education technology. 3(1), 15-21. 
Widiana, I.W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol 5 tahun 2), 147-157. Pengembangan
Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8154