P-ISSN : 2716-3571
E-ISSN : 2809-6967

DIKDASTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KE-SD-AN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Anis Arifah Nugroho; Geyol Sugiyanta; Yuliatun

Abstract

    

Keywords :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik Sekolah dasar. 
Metode penelitian menggunakan library research dengan langkah-langkah yaitu (1) pemilihan topik,
(2) eksplorasi informasi, (3) menentukan fokus penelitian, (4) pengumpulan sumber data, (5)
persiapan penyajian data, (6) penyusunan laporan. Sumber data diperoleh melalui jurnal, penelitian
terdahulu dan buku. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran 
Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meninkatkan hasil belajar Matematika peserta didik 
sekolah Dasar

 

Keywords : contextual teaching and learning (CTL), Hasil belajar, Matematika
Full Text
PDF
References

Agus Kistian. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning 
(CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung
Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Penelitian (Vol. 5 tahun 2018) 13-24. Diperoleh dari 
https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/206. Di unduh tanggal 10
Oktober 2020. 
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Prenamedia Grup. 
Almira Amir. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media
Manipilatif. 
Aris Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:
Ar-ruzz Media 
Daryanto. (2013). Inovasi Pembeljaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Desi Putrinasari (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning 
(CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V
Sekolah Dasar Negeri Cukil 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang.  
Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. 
Hosnan. (2014). Pendekataan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21.
Bogor: Ghalia Indonesia. 

Husnul Khatimah. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika.
Jurnal pendidikan Matematika (Vol. 2 tahun 2019). Diperoleh dari
file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/56-Article%20Text-169-1-10-20200127.pdf.  
Jumanta Handayama. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter.
Bogor: Ghalia Indonesia. 
Kun Ajengprabandari. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belaar Pada Mata
Pelaaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 4 Genengadal.  
Lies Styaningrum. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar
Matemtika. 
Mardiah Kalsum Nasution. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan (Vol. 11 tahun 2017) 9-16. 
 
Diperoleh dari
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515 Pada
tanggal 14 Mei 2020. 
Nanang Priatna, Ricky Yuliardi. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya 
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumardyono. (2004). Karakteristik matematika dan Implikasi Terhadap Pembelajaran 
Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral
Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematia.  
Wina Sajaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
Kencana Prenada Media 
Yulinda Amalia, Rasiman. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) 
dengan Media Pohon Hitung Terhadap Hasil Belajar Materi Oprasi Hitung. Jurnal Of
Elementary Education (Vol. 3 tahun 2019) 186193. Diperoleh dari
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/18525. Di unduh pada
tanggal 12 februari 2021. 
Wina Sajaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
Kencana Prenada Media 
Yulinda Amalia, Rasiman. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) 
dengan Media Pohon Hitung Terhadap Hasil Belajar Materi Oprasi Hitung. Jurnal Of
Elementary Education (Vol. 3 tahun 2019) 186193. Diperoleh dari
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/18525. Di unduh pada
tanggal 12 februari 2021.