JURNAL MAHASISWA

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SENDANGSARI TAHUN AJARAN 2018/2019

Kumala Shinta Indriyani, Dra. Yuliatun, M.Pd.

Abstract

    

Keywords :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian melalui model Snowball Throwing pada siswa kelas III SD Negeri Sendangsari tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Subjek penelitian sebanyak 14 siswa. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Aktivitas belajar siswa mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu Siklus I 64,28% (kategori kurang aktif) dan siklus II 85,71% (kategori sangat aktif). Sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 74,64 dengan persentase ketuntasan sebesar 64,28% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,50 dengan persentase ketuntasan sebesar 78,57%. 

Keywords : Snowball Throwing, aktivitas belajar matematika, hasil belajar matematika.
Full Text
PDF
References

 

Ahmad Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group

ArisShoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa.Yogyakarta: Deeublish

Djamarah Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik Dan Kontkstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

JumantaHandayama. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Depublish

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

ZainalAqib,  dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Yogjakarta: Diva Press