JURNAL MAHASISWA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BENDUNGAN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Suci Wulansari, Dra. Yuliatun, M. Pd.

Abstract

     

Keywords :

Abstrak

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Bendungan, Wates, Kulon Progo tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) model Kemmis & Mc Taggart, dengan subjek penelitian peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Bendungan yang berjumlah 27. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen berupa pedoman tes hasil belajar dan lembar observasi yang divalidasi oleh expert judgement. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi energi dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum dilakukan tindakan terdapat 9 peserta didik tuntas belajar (33,33%) dan 18 belum tuntas (66,67%). Setelah dilakukan tindakan siklus I peserta didik tuntas belajar 18 (66,67%) dan yang belum tuntas 9 (33,33%). Pada siklus II peserta didik mencapai tuntas belajar 23 (85,18%) dan belum tuntas belajar sebanyak 4 (14,82%). Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum tindakan yaitu 69,67. Mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 76,14. Pada siklus II rata-rata hasil belajar naik menjadi 86,03. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi energi dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Bendungan tahun pelajaran 2018/2019. Hendaknya pada proses kegiatan pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Keywords : hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
Full Text
PDF
References

 

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.rev.ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asih Wisudawati & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Maslichah Asy’ari. 2006. Penerapan Pendekatan Sains, Teknologi, Masyarakat, Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wahana Prima.