JURNAL MAHASISWA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TENTANG LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KEMIRI SENTOLO KULON PROGO YOGYAKARTA

Veranita Dwi Pratiwi, Dra. Yuliatun, M. Pd.

Abstract

      

Keywords :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang Lingkungan Alam dan Buatan melalui penggunaan model pembelajaran Kontekstual dengan media Audio Visual pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kemiri Sentolo Kulon Progo Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau (Classroom Action Research), dengan subyek penelitian siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kemiri Sentolo Kulon Progo Yogyakarta semester ganjil yang berjumlah 14 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis, S. dan McTaggart,R. Metode pengumpulan data menggunakan tes,observasi,wawancara, dan dokumentasi. Jenis instrumen penelitian berupa lembar observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes dan lembar observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan keterlaksanaan model pembelajaran Kontekstual dengan media Audio Visual dalam pembelajaran IPS tentang Lingkungan Alam dan Buatan yang sudah disusun dan terlaksana dengan baik serta meningkatnya hasil belajar IPS tentang Lingkungan Alam dan Buatan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu lebih dari 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS tentang Lingkungan Alam dan Buatan siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Kemiri dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran Kontekstual dengan media Audio Visual. Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan sebesar (64,28%) dari 9 siswa dan yang belum tuntas sebesar (35,71%) dari 5 siswa. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar (92,86%) dari 13 siswa dan yang belum tuntas sebesar (7,14%) dari 1 siswa. Keterlaksanaan model pembelajaran Kontekstual dengan media Audio Visual pada indikator kegiatan guru mengalami peningkatan dari siklus I (71,43%) ke siklus II sebesar(100%), sedangkan indikator kegiatan siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar (62,5%) ke siklus II sebesar(100%). Interpretasi gain skor yang diperoleh siswa dari siklus I sebesar (0.38) ke siklus II sebesar (0.54) dengan kategori sedang.

Keywords : asil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kontekstual dengan MediaAudio Visual, Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Kemiri
Full Text
PDF
References

 

Anitah, W.S. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kemmis, S. dan McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. NationalLibrary of Australia: Deakin University Production Unit.

Komara, E. (2014). Belajar Dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurniawan, D. dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Somantri, M.N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT.  Remaja Rosdakarya.

Supardan, D. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif FilosofiDan Kurikulum. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran Teori Dan Praktik. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.