Soekarno dan Peranannya dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia 1927-1945

Authors

  • Nasomano Gea, Anggar Kaswati, Suharman Author

Keywords:

Soekarno dan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Abstract

Pengkajian Soekarno dan Peranannya Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia 1927-1945. Dikemukakan dengan berbagai permasalahan yaitu: Bagaimana Latar Belakang Kehidupan Soekarno? Bagaimana Karir Politik Soekarno? dan Bagaimana Soekarno Dalam Lahirnya Negara Republik Indonesia?. Dalam penulisan skripsi ini digunakan studi literatur atau kepustakaan dengan cara mencari dan membaca buku-buku yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Ada pun langkah-langkah yang digunakan adalah: (1) pemilihan topik (2) heuristik (3) verifikasi (kritik sumber) (4) interpretasi (5) penulisan.

Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya Jawa Timur yang diberi nama Kusno Sosrodihardjo. Ia merupakan anak ke dua dari pasangan Soekemi dan Ida Ayu Nyoman Rai yang telah dijuluki sebagai putra sang fajar. Tanggal 25 Mei 1926 dirinya berhasil meraih gelar Insinyur (Ir). Pada 4 Juli 1927 bertempat di rumah Iskaq Tjokrohadisuryo di jalan Regentsweg, di sana Soekarno mendirikan partai Perserikatan Nasional Indonesia (PNI). Organisasi ini merupakan organisasi yang dapat dimanfaatkannya dalam menumbuhkan serta membakar rasa nasionalisme rakyat. Ketersohor Soekarno dalam organisasi PNI mengakibatkan dirinya keluar masuk dalam penjara selama melakukan perlawanan terhadap Belanda.

Setelah tentara Nippon memukul mundur Belanda dalam menguasai Indonesia, tahun 1942 Soekarno dinyatakan sebagai politikus yang menjalankan roda kolaborator terhadap penjajah. Pada 1 Juni 1945, Soekarno membawakan pidatonya yang berjudul “Pancasila”, hal ini menjadi dasar Negara Indonesia merdeka. Kekalahan Jepang atas pengeboman Hirosima dan Nagasaki akhirnya 17 Agustus 1945 Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia.

Downloads

Published

2023-10-23